My Official Forum | Members area : Register | Sign in

Seluas Apakah Alam Semesta kita Ini??

 
Pernahkah kalian berpikir seberapa luas jagad raya ini? Pernahkah kalian berpikir kenapa Tuhan menciptakan begitu luasnya alam semesta ini, toh yang bisa kita nikmati hanya sekecil bumi? Apakah kalian tidak pernah memikirkan bahwa alam semesta ini terlalu mubadzir bagi manusia yang kecil ini?
Kalo melihat banyaknya bintang di langit, sebenernya seberapa banyak bintang yang ada di galaksi yang kita huni, yang lalu berujung pada pertanyaan seberapa Luas kah alam semesta ini?
Contohnya, setiap orang tahu bahwa alam semesta sangatlah luas. Akan tetapi, saat kita mulai berpikir tentang seberapa luas hal ini sebenarnya, kita akan menjumpai gambaran yang jauh berbeda dari apa yang biasanya kita pahami. Garis tengah matahari adalah 103 kali lebih besar daripada garis tengah bumi. Mari kita perjelas hal ini dengan menggunakan perbandingan. Jika kita umpamakan bumi sebagai kelereng, matahari adalah bola yang dua kali lebih besar daripada sebuah bola sepak. Hal yang menarik di sini adalah jarak di antara keduanya. Agar dapat membuat tiruan yang mencerminkan ukuran sesungguhnya, kita perlu menempatkan jarak sejauh kira-kira 280 meter (920 kaki) di antara bumi berukuran kelereng dengan matahari berukuran bola tersebut. Dan bintang-bintang yang berada di luar tata surya kita perlu ditempatkan berkilo-kilometer jauhnya.
Lalu bagaiamana dengan ukuran bintang-bintang yang lain nya?

untuk menjawab pertanyaan barusan, mari kita liat gambar di bawah ini!
pada gambar terakhir ,matahari bahkan sama sekali tidak terlihat,skalipun itu berbentuk bentuk titik..subhanallah..allahu akbar.  dan sungguh alam semestaitu  mengembang/meluas dari waktu ke waktu

Data sementara luas alam semesta:
Data sementara tentang keluasan alam semesta yang terlihat adalah sbb:
- BUMI adalah planet ke-3 dari susunan planet yang mengelilingi BINTANG yg bernama MATAHARI
- Matahari adalah 1 dari sekitar 200 milyar bintang yang bergerak berputar bersama mengelilingi inti galaksi Milkyway/ Bima sakti
- Jumlah galaksi-besar (large galaxi) ada 350 Milyar, dan galaksi kecil (dwarf galaxies) ada 7 trilliun buah
- Galaksi Bimasakti bagian dari kumpulan galaksi lain membentuk gugusan galaksi, diprediksi ada 25 Milyar gugusan
- Gugusan galaksi berkumpul membentuk super cluster, diprediksi ada 10 Juta super cluster
Bintang-bintang (serupa matahari, yang memiliki sumber cahaya sendiri, dengan ukuran yang lebih besar atau lebih kecil dari matahari ) pada seluruh langit dan dibumi yang terlihat, dipredikis sekitar 30 milyar trilliun (3×10²²) buah.
Keluasan alam semesta diprediksi berdiameter 14.5 Milyar tahun cahaya, dimana 1 tahun cahaya (ly : light year) = 9.46 x 10^12 km (sedikit di bawah 10 trilyun kilometer). . subhanallah..

Insya allah bermanfaat dan bertambah ke imanan kita melalu artikel :)

2 Response to "Seluas Apakah Alam Semesta kita Ini??"

Unknown mengatakan...

luas banget tuh sampai harus bertahun tahun dalam kecepatan cahaya. padahal kecepatan cahaya sangat cepat yaitu 300.000 km / detik. HEBAT

http://www.toyota.astra.co.id/move/news/article/pesona-syahrini-dengan-toyota-alphard-mewahnya/

Unknown mengatakan...

Subhanallah

Posting Komentar